Rabu, 01 Desember 2010

Mari Sadar Bencana dan Sukseskan Mitigasi Bencana

Bencana alam yang melanda Indonesia akhir-akhir ini memang mengkhawatirkan dan menggugah simpati kita semua untuk membantu meringankan beban korban bencana tersebut. Namun banyak yang melupakan satu tahap penting yang juga dapat mengurangi dampak dan korban yang ditimbulkan bencana. Tahap tersebut dikenal dengan istilah umum “Siaga Bencana” dan istilah teknis “Mitigasi Bencana”.

Indonesia merupakan negara yang terletak di atas “Cincin Api Pasifik” atau “Ring of Fire” yang merupakan daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi. Daerah ini juga sering disebut sebagai sabuk gempa Pasifik. Dua puluh lima dari 33 provinsi di Indonesia berada di kawasan gempa. Masing-masing kawasan itu, terkepung beberapa lempengan tektonis, di antaranya lempeng Euro-Asia dan lempeng Australia-India. Kedua lempeng inilah yang menjadi pemicu bencana Tsunami Aceh (26/12/04), gempa Yogyakarta (27/05/06), tsunami selatan Jawa (17/07/06), dan gempa Selat Sunda (19/07/06).


Dengan kata lain gempa, gunung meletus dan tsunami bisa terjadi setiap saat dan kita sebagai orang yang tinggal di Indonesia sudah sepatutnya menyadari bahaya gempa, gunung meletus dan tsunami yang akan kita hadapi setiap saat. Sikap yang bijak dalam menghadapi keadaan ini adalah sikap yang selalu waspada dan siaga terhadap kemungkinan terjadinya bencana. Dengan sikap siaga, kita bisa mensukseskan Mitigasi Bancana.

Silakan kunjungi dan baca informasi lebih lengkap mengenai siaga bencana dan mitigasi bencana di website berikut ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar